04232014Headline:

Bakteri penyakit ikan koi

PusatKoi.com – Penyakit infeksi bakteri pada ikan koi dan mungkin salah satu masalah kesehatan paling sulit untuk menangani secara efektif. Namun, dengan pemahaman dasar tentang bagaimana bakteri menyebabkan penyakit dan bagaimana mengenali infeksi bakteri adalah mungkin untuk berhasil mengatasi sebagian besar masalah. Kunci sukses pengobatan penyakit bakteri dini, diagnosis yang akurat dan pengobatan. Jika pengobatan tertunda dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar. Terutama hal ini untuk kolam koi karena berbagai alasan sering rentan terhadap wabah penyakit bakteri.

Infeksi bakteri yang khas dengan area besar ulserasi tepat di belakang operkulum (tutup insang). Seluruh sirip dada telah benar-benar terkikis. Kedua sirip perut dan sirip dubur sangat merah dan meradang. Dan bagian ekor memiliki sirip membusuk, canggih Ikan bisa selamat dengan kombinasi suntikan antibiotik dan perawatan topikal.

Bakteri patogen dapat menyebarkan penyakit ke seluruh tubuh ikan jika mereka diserap melalui insang atau usus atau melalui kulit. Hal ini dikenal sebagai infeksi sistemik. Infeksi bakteri lainnya menyebabkan penyakit permukaan lokal seperti busuk sirip dan bisul namun jika ini tidak diselesaikan mereka dapat menyebabkan infeksi sistemik. Secara umum ada empat jenis infeksi bakteri yang kebutuhan hobi yang harus diperhatikan:

  1. Fin rot – biasanya dihasilkan dari tekanan lingkungan
  2. Bacterial body ulcers – terbuka, dangkal sampai dalam, lesi pada tubuh ikan
  3. Bacterial gill disease – di mana insang merupakan target utama
  4. Systemic bacterial disease – di mana bakteri menyerang tubuh ikan dan organ kerusakan internal.

Mendiagnosis infeksi bakteri
Menunjukkan tentang diagnosis “instan” saya katakan bahwa diagnosis pasti penyakit ikan bakteri memerlukan sampling dan bakteri dari lesi atau organ. Masalahnya adalah bahwa banyak tanda-tanda klinis penyakit bakteri juga bisa disebabkan oleh masalah lain seperti virus, kualitas air yang buruk atau parasit dan kita perlu menyadari akan bahaya. Namun, dengan kualifikasi ini (eksternal) tanda-tanda penyakit bakteri adalah:

  • Merah dan meradang daerah pada tubuh dan sirip, sisik terangkat, borok kulit, exophtalmos (pop-mata), atau perut bengkak, busuk sirip. Selain itu, ikan yang terkena mungkin lesu dan anoreksia.
  • Secara internal mungkin ada luka atau pendarahan di organ dalam dan / atau penumpukan cairan sering di perut (asites).

Tanda-tanda segera memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Ikan Koi dengan infeksi bakteri dengan peradangan luas dan pembengkakan. Jika tidak diobati daerah yang terinfeksi dapat dikenakan membisul

 

 

 

PusatKoi.com

Bakteri infeksi pada testis dari ikan koi. Tidak ada tanda-tanda eksternal dari penyakit.

 

 

 

Darimana infeksi bakteri berasal?

Hal ini penting untuk pemahaman kita tentang penyakit bakteri untuk menyadari bahwa pada dasarnya ada dua jenis patogen (penyebab penyakit) bakteri:

  1. Patogen primer atau obligat – Ini adalah patogen yang bukan bagian dari flora normal dan air yang mampu menyebabkan penyakit pada orang sehat. Biasanya, Aeromonas salmonicida
  2. Oportunistik patogen. Ini biasanya hidup bebas, baik dalam air pada ikan, tetapi mampu mengadopsi peran patogenik dalam keadaan tertentu. Banyak dari mereka adalah saprophytes, biasanya hidup pada bahan organik mati seperti sisa-sisa tanaman dan hewan atau kotoran. Biasanya, Aeromonas hydrophilia, Pseudomonas dan Vibrio. Dalam air yang kaya organik mungkin ada jutaan bakteri oportunistik di setiap liter air, tetapi dalam keadaan normal, mereka tidak menimbulkan ancaman bagi ikan yang sehat. Situasi ini dapat langsung dibandingkan dengan flora normal dan kulit yang penuh dengan kuman berpotensi berbahaya tetapi jarang menimbulkan masalah kecuali bug bisa melewati pertahanan tubuh kita.

Seperti sudah bisa anda duga, secara umum sebagian besar penyakit bakteri yang mempengaruhi ikan hias disebabkan oleh bakteri oportunistik. Yang berarti bahwa hasil sebagian besar infeksi bakteri karena perubahan bakteri / hubungan ikan. Ini adalah hubungan yang sangat halus, tapi biasanya ketika sebuah bakteri oportunistik mencoba membuat infeksi host ikan mampu melawan dengan berbagai mekanisme pertahanan. Namun, jika angka atau Patogen virulensi meningkat atau berkurang patogen mungkin dapat berhasil.

Parasit: Keseimbangan antara kerentanan dan ketahanan menentukan baik kesehatan atau penyakit

Bagaimana bakteri patogen oportunistik terjadi?

Saya harus menekankan bahwa kita mengambil pandangan yang agak terlalu disederhanakan dari subjek yang kompleks, tetapi secara umum tampaknya ada tiga cara utama bahwa infeksi terjadi

  1. Kerusakan pada integumen (kulit) akibat dari abrasi, aktivitas parasit atau kerusakan kimia (misalnya dari pH amonia, nitrit yang tinggi / rendah). Dari pengalaman adalah bahwa luka kecil atau lecet pada ikan sehat jarang terinfeksi – banyak cara yang sama bahwa kita tidak mendapatkan infeksi setiap kali kita memotong diri kita sendiri. Saya mengatakan hal ini karena sering ada kecenderungan untuk mendiagnosis infeksi bakteri jelas sebagai “jalan” atau goresan dan berharap mereka menjadi lebih baik.
  2. Pertahanan normal ikan mengalami depresi akibat tekanan lingkungan atau penyakit. Hal ini memungkinkan bakteri oportunis untuk mengambil keuntungan. Hal ini mirip dengan situasi ketika kita pilek dan penyakit lainnya. Ikan dapat menjadi stres karena berbagai alasan, alasan yang paling umum adalah kualitas air yang buruk, parasit, penuh sesak, stres.
  3. Sebuah peningkatan substansial dalam jumlah bakteri oportunistik seperti kita akan menemukan dalam sistem dengan lain ikan yang terinfeksi dan / atau bahan organik membusuk tingkat tinggi. Ini biasanya situasi ketika penyakit mulai menyebar dan ikan beberapa yang terpengaruh. Dengan kondisi tersebut, terutama jika ikan masih stres, tampaknya bahwa beberapa bakteri patogen oportunistik dapat menjadi utama.

Hal ini karena komplikasi bersama dengan potensi reproduksi yang luar biasa dari kebanyakan bakteri, bahwa masalah yang tampaknya kecil dapat dengan cepat di luar kendali menyebabkan tingginya jumlah ikan yang terinfeksi dan kerugian mungkin banyak.

Mengobati infeksi bakteri

Sulit untuk meletakkan aturan-aturan keras dan cepat tentang mengobati penyakit bakteri. Hal ini sebagian besar datang dengan pengalaman orang tersebut di tempat dalam memutuskan seberapa parah situasinya dan apa tindakan yang diperlukan. Namun, sebelum pengobatan dimulai, penting untuk mencoba dan menentukan penyebab yang mendasari – terutama jika ikan beberapa yang terkena, karena hal ini akan menyarankan beberapa bentuk tekanan lingkungan.

Alasan mengapa hal ini penting, jika ada perawatan menghancurkan semua bakteri patogen.

Jelas, ikan hanya akan dapat melawan jika kondisi membaik dan semua usaha dilakukan untuk menjaga jumlah bakteri serendah mungkin. Jadi benar-benar ada anti bakteri, perawatan harus dilihat sebagai terapi suportif untuk sistem kekebalan ikan dan apa yang kita coba lakukan adalah untuk memiringkan keseimbangan kesehatan kembali mendukung ikan.

Ada luas metode pengobatan empat untuk infeksi bakteri. Mereka dapat digunakan secara individu atau dalam kombinasi untuk efek yang disempurnakan.

Topical perawatan:

Hal ini melibatkan membersihkan lesi, biasanya dengan cairan antiseptik dan menerapkan salep atau krim tahan air seperti Orabase atau yang lain. Pengobatan topikal, jika digunakan dengan benar bisa sangat efektif dalam menangani kasus-kasus kecil – memberikan bahwa infeksi tidak sistemik. Saya biasanya akan mengharapkan untuk melihat tanda-tanda perbaikan – yang ada pengurangan peradangan atau tanda-tanda pertama pertumbuhan kulit – dalam waktu tujuh hari sejak awal pengobatan. Jika tidak ada tanda penyembuhan dalam waktu seminggu sampai sepuluh hari ganti cara pengobatan adalah penting.

obat makanan

Ini adalah khusus disiapkan makanan yang mengandung antibiotik. Sedangkan penggunaan makanan obat jelas memiliki keuntungan, kerugian adalah agak lambat diproses, ikan yang sakit mungkin tidak makan dan ada resistensi luas terhadap antibiotik yang paling umum digunakan.

Antibiotik (injeksi)

Hal ini biasanya mempunyai program lima suntikan dalam waktu sepuluh hari dalam hubungannya dengan pengobatan topikal. Hal ini penting untuk menggunakan antibiotik yang tepat. Prosedur ini tidak memerlukan tingkat pengetahuan dan keterampilan. Seperti biasanya melibatkan penenang ikan untuk tiap perlakuan itu bisa sangat memakan waktu, terutama jika sejumlah besar ikan yang terlibat. Sisi positif adalah bahwa ada tingkat keberhasilan yang sangat tinggi (biasanya> 90%) – bahkan dalam kasus yang paling parah.

 

What Next?

Recent Articles

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.