11212017Headline:

Kualitas yang merupakan faktor penting dalam Nishikigoi sangat tinggi.

PusatKoi.com – Koi (A) dan Koi (B) memiliki penempatan Shiroji , Hi dan Sumi yang sangat optimal. Kualitas mereka, yang merupakan faktor penting dalam Nishikigoi, sangat tinggi.

PusatKoi.comPusatKoi.comPola Koi (B) lebih berkarakter sementara pola Koi (A) menunjukkan kelembutan dan kemewahan. Kita bisa mengatakan bahwa keduanya adalah Koi yang istimewa dan ideal.

Ketika membandingkan Nishikigoi dengan kualitas seperti ini, kita bisa menilainya dengan 2 cara: secara keseluruhan atau per bagiannya.

Pertama, secara keseluruhan, keduanya adalah Nishikigoi yang memiliki nilai artisitik yang sangat tinggi. Bila terlalu sulit untuk menyimpulkan, maka perhatikanlah bagian-bagiannya.

Pada kepala Koi (A) terdapat Maruten yang sedikit condong ke kiri. Wajahnya manis. Matanya juga elok. Sementara, kepala Koi (B) mempunyai Kuchibeni yang besar dan Hi di kepalanya tampak terlalu tajam.Dibandingkan dengan Koi (A), Koi ini kurang berkelas.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa Koi (A) memiliki pola kepala yang lebih baik. Menilai bagian-bagian mulai dari bahu hingga ke badan, pola pada Koi (A) dan Koi (B) tampak indah dan sempurna. Ada Hi kecil terpisah di punggung Koi (B) yang bisa dianggap sebagai sebuah kelemahan.Jadi Koi (B) kalah 0,5 poin untuk bagian ini.

Di bagian ekor, juga, Koi (A) sempurna. Pada pangkal ekor Koi (B) terdapat Tobihi yang juga bisa dianggap sebagai kelemahan. Nilainya dikurangi lagi 0,5 poin.

Dengan menilai bagian per bagian akan mempermudah untuk mengetahui bahwa Koi (A) benar-benar sempurna dan menemukan kelemahan-kelemahan (walaupun hanya minor) pada Koi (B).

Kedua Koi ini adalah Nishikigoi kelas atas, tetapi tidak ada dua ekor Koi yang sama. Dengan perbedaan yang sangat kecil dan alasan-alasan diatas, Koi (A) menang.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInDigg thisShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

What Next?

Related Articles

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.