11212017Headline:

Organ sensor Koi

PusatKoi.com - T. Sebagai organ sensor, apa fungsi mulut pada Koi?

J. Bila kita melihat seekor Koi dari depan, tampak mulutnya bulat dengan bibir yang tebal dan kita bisa melihat dua pasang sungut. Sepasang sungut kecil di atas rahang atas dan sepasang lagi, yang lebih panjang, terletak sedikit dibawah sisi mulut. Sungut-sungut ini memiliki sensor perasa dan digunakan untuk mencari makanan dalam air yang keruh. Tetapi, ketika Koi kesulitan untuk menentukan sesuatu bisa dimakan atau tidak, Koi akan memasukkannya ke dalam mulut dan memuntahkannya ksungut dan gigi ikan koiembali bila tidak menyukainya.

T. Apakah Koi memiliki gigi?

J. Koi tidak memiliki gigi di mulut mereka, tetapi Koi memiliki gigi pharyngeal yang terletak di permukaan tulang pharyngeal. Organ kuat yang mirip gigi ini mampu memecahkan kulit keras sehingga Koi dapat makan bagian dagingnya. Gigi pharyngeal ini kadang lepas dan dapat ditemukan di dasar kolam.

T. Seberapa baik penglihatan Koi?

J. Koi memiliki sepasang mata yang dapat melihat dengan lebar sudut 180°.

hidung ikan koiT. Apakah Koi peka terhadap bau?

J. Koi memiliki penciuman yang tajam dengan dua lubang hidung di depan matanya. Organ ini hanya merupakan organ alat penciuman dan bukan alat pernapasan. Organ ini membantu Koi menemukan makanan dari jarak yang jauh.

T. Dimana organ pendengaran Koi?

J. Koi memiliki telinga internal yang terletak di belakang rongga mata di dalam tulang tengkorak yang berupa dua kantung berisi cairan dan kanal setengah lingkaran. Karena Koi memiliki sistem organ pendengaran yang mirip
dengan manusia, konon Nishikigoi pernah dibawa ke luar angkasa bersama astronot Mamoru Mouri untuk meneliti mekanisme gangguan gerakan di luar angkasa.

otak ikan koiT. Bagaimana otak Koi bekerja?

J. Otak Koi terbagi ke dalam beberapa bagian. Di bagian muka adalah cuping penciuman dan di belakangnya adalah cerebrum, cuping optik, cerebellum dan medulla. Seluruh reaksi Koi dikendalikan oleh sistem syarafnya. Ketika Koi dipegang dengan kasar oleh seseorang, informasi ini dengan cepat dikirimkan ke otak dan Koi akan melarikan diri, tetapi bila Koi dipegang dengan perlahan maka mereka tidak akan bergerak.

T. Bagaimana Koi menghadapi tekanan air?

J. Gelembung renang mengendalikan daya apung dan keseimbangan ketika Koi berenang dalam tekanan air yang berbeda-beda. Gelembung renang dibagi menjadi dua bagian dan terdiri dari selaput luar dan dalam. Organ ini memiliki
saluran udara yang terhubung ke ujung atas esophagus agar udara dapat mengalir keluar masuk.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInDigg thisShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

What Next?

Related Articles

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.