11212017Headline:

Pembiakan, inkubasi dan tingkat pertumbuhan ikan koi

PusatKoi.com - T. Apakah Nishikigoi jantan dan betina memiliki bentuk badan yang berbeda?

J. Badan Nishikigoi jantan dewasa tampak ramping, sedangkan Nishikigoi betina lebih membulat. Tetapi selagi muda, tidak ada perbedaan bentuk badan antara jantan dengan betina. Faktanya, Nishikigoi jantan tumbuh lebih besar dibanding betina pada dua tahun pertama sejak kelahiran. Setelah itu, betina akan tumbuh lebih besar dibanding jantan.

T. Kapan musim Koi bertelur?

J. Musim kawin alami terjadi setahun sekali antara akhir bulan April dan bulan Juli. Koi menghasilkan burayaknya melalui pembuahan di luar. Di alam bebas mereka akan berkumpul di air dangkal dan berumput, kemudian betina mengeluarkan telur-telurnya dalam jumlah yang sangat banyak lalu satu atau dua ekor jantan akan membuahinya. Telur yang sudah dibuahi tersebut menempel di rumput dalam air.

T. Seperti apa telur Koi itu?

J. Awalnya telur Koi berwarna kuning pucat kemudian menjadi agak transparan. Ukuran telur bermacam-macam tergantung umur dan kematangan Koi betina. Diameter telur biasanya sekitar 2mm.

T. Kapan pemijahan dimulai?

J. Koi mulai memijah pada dini hari sekitar pukul 4 pagi sampai matahari terbit. Koi adalah ikan yang subur dan biasanya mengeluarkan sekitar 200.000 sampai 400.000 telur, bahkan kadang sampai 800.000 telur.

T. Pada kondisi seperti apa sebaiknya telur menetas?

J. Penetasan tergantung pada suhu air. Sebagai contoh, telur memerlukan waktu 4 hari untuk menetas bila suhu air 20°C. Semakin hangat suhu air, burayak akan lebih cepat menetas.

T. Berapa rata-rata laju pertumbuhan Nishikigoi?

J. Nishikigoi disebut sebagai raja ikan air tawar dan dapat tumbuh dengan cepat. Bila anda ingin memelihara Nishikigoi besar dalam kolam anda, maka anda harus mempersiapkannya sejak pembangunannya. Pertumbuhannya
tergantung pada kualitas dan suhu air, cara pemberian pakan dan juga gendernya. Pada enam bulan pertama hidupnya, Koi dapat tumbuh sepuluh kali lipat lebih panjang dan ribuan kali lebih berat.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInDigg thisShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

What Next?

Related Articles

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.