11212017Headline:

Rencana tahunan peternak ikan koi

PusatKoi.com – T. Bagaimana jadwal peternak Nishikigoi selama setahun?

J. Di bulan April, para peternak menyiapkan kelahiran burayak-burayak. Saat yang paling penting selama setahun ini adalah ketika mereka merawat telur-telur dan burayak yang sudah menetas pada bulan Mei dan Juni. Penyortiran dimulai pada akhir Juni.

T. Berapa lama penyortiran berlangsung?

J. Penyortiran dilakukan berulang-ulang hingga akhir September. Hanya tosai yang terpilih di bulan Oktober yang benar-benar masuk dalam daftar tosai yang berpotensi. Ini adalah saat terbaik untuk mendapatkan Koi kelas dua dengan harga yang murah.

T. Berapa banyak Nishikigoi yang bertahan hidup sampai tahun depan?

J. Tosai yang disimpan pada musim dingin adalah sekitar 0,003% dari total produksi telur. Jadi hanya sekitar 600 sampai 700 ekor tosai yang hidup dari 200.000 telur.

T. Setelah melalui musim dingin, apa yang dilakukan pada tosai?

J. Beberapa tosai akan dijual sebelum berumur satu tahun di bulan April, sementara yang lainnya akan dipelihara dalam ‘mud pond’ sebagai tategoi (Nishikigoi yang akan berkembang lebih baik). Dari 200.000 tosai mungkin hanya kurang dari 100 ekor yang terpilih sebagai tategoi. Bahkan bila keadaan
sedang buruk, jumlah tategoi bisa berkurang hingga 10 ekor saja.

T. Apakah tategoi itu?

J. Nishikigoi yang memiliki potensi untuk tumbuh indah dan dipelihara di kolam alam untuk membentuk penampilan yang sempurna. Cara membiakkan Nishikigoi seperti ini disebut ‘Nishikigoi wo tateru’. Peternak biasanya memilih Nishikigoi yang ukurannya sama dan memelihara bersama – sama agar pertumbuhannya merata. Kolam-kolam juga dibagi-bagi berdasarkan umur Nishikigoi.

T. Apakah Koi jantan dan betina berada dalam satu kolam?

J. Untuk menghindari pemijahan spontan, jantan dan betina berada dalam kolam terpisah. Kebanyakan peternak Nishikigoi memiliki banyak kolam sehingga mereka dapat memeliharanya dalam kolam yang berbeda.

T. Apa yang diharapkan dari Nishikigoi yang dipelihara dalam ‘mud pond’?

J. Tategoi yang dilepaskan ke ‘mud pond’ di musim semi dipelihara dengan seksama agar tumbuh besar selama musim panas hingga kemudian diangkat kembali di musim gugur. Melalui pengalamannya, para peternak berharap dapat menemukan Nishikigoi yang memiliki potensi juara dari tategoi-tategoi ini.

T. Kapan para peternak mengangkat Nishikigoi dari ‘mud pond’?

J. Peternak memanen Nishikigoi atau ikeage dari awal Oktober hingga November. Banyak Nishikigoi yang langsung dijual tetapi tategoi akan dipelihara selama musim dingin sebelum kembali dilepaskan ke ‘mud pond’ di musim semi selanjutnya.

T. Apakah para penyalur membeli Nishikigoi selama ‘musim ikeage’?

J. Para penyalur dari seluruh dunia datang untuk membeli Nishikigoi yang dipesan kliennya selama musim ikeage dan kemudian memajangnya untuk dijual.

T. Apakah hanya peternak profesional yang memelihara tategoi?

J. Amatir juga bisa memelihara tategoi. Selama musim pembesaran banyak penghobi yang menitipkan Nishikigoi mereka kepada peternak untuk dipelihara dalam ‘mud pond’ dan kemudian turut serta pada saat ikeage. Walau anda tidak dapat melihat ikeage secara langsung, anda masih bisa mencari Nishikigoi yang baru saja tiba dari ‘mud pond’ di tempat peternakan.

T. Secara ringkas, kapan periode pembesaran Nishikigoi dilakukan?

Masa pembesaran adalah pada musim semi hingga musim gugur ketika ikeage
dilaksanakan. Setelah itu, penghobi akan mulai mencari Nishikigoi idamannya sambil menunggu kontes Nishikigoi berikutnya.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInDigg thisShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

What Next?

Related Articles

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.