10222014Headline:

Sistem pernapasan ikan Koi

PusatKoi.com - T. Bagaimana sistem pernapasan Koi?

J. Koi memiliki sepasang insang untuk bernapas di dalam air. Insang adalah salah satu organ terpenting pada Koi yang dilindungi dengan tutup keras yang disebut operculum. Insang di masing-masing sisi badan terdiri dari 5 lempeng jaringan tipis yang saling menumpuk.

insang ikan koiT. Bagaimana struktur insang?

J. Struktur utama insang terdiri dari filamen branchial, lengkung branchial dan saringan branchial.

T. Apa fungsi saringan branchial?

J. Saringan branchial yang bentuknya seperti lengkung sisir putih terletak di bagian mulut dari insang. Seluruhnya ada 18 saringan branchial dan masing-masing mempunyai 15 tonjolan. Fungsi dari saringan branchial adalah untuk menyaring plankton dari air. Ikan karnivora memiliki saringan branchial yang lebih berkembang dibandingkan ikan omnivora.

insang koiT. Apa fungsi lengkung branchial?

J. Ada lima buah lengkung branchial tempat dimana saringan branchial menempel. Mulai dari luar, disebut sebagai lengkung branchial
pertama sampai ke-5.

T. Dimana letak filamen branchial?

J. Filamen branchial menempel pada lengkung branchial pertama sampai ke-4 dimana pembuluh kapiler berada.

T. Bila warna insang berubah menjadi putih atau ungu tua apakah ini artinya insang rusak?

J. Warna insang yang sehat adalah merah segar. Ketika Nishikigoi sakit atau insangnya rusak, warnanya akan berubah menjadi putih atau ungu tua. Insang berwarna putih biasanya merupakan pertanda penyakit yang bisa disembuhkan. Sedangkan, insang berwarna ungu tua biasanya pertanda pelemahan yang disebabkan oleh kegagalan fungsi pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan juga pengaruh amonia.

T. Apakah Koi mengeluarkan amonia melalui urine?

J. Ya, tetapi hanya 20% dikeluarkan melalui urine, sementara 80% melalui insang.

T. Bagaimana Koi menggerakkan insang mereka?

J. Insang Koi tidak memiliki otot untuk menggerakkannya. Ketika tutup insang sedang terbuka, Koi akan menggerakkan air melalui mulutnya ke filamen branchial yang akan menyerap oksigen. Insang yang berwarna merah terang pertanda Koi sehat.

jantung koiT. Dimana letak jantung Koi?

J. Selaput penghalang memisahkan pericardium dan rongga perut, sementara jantung terletak di pericardium. Jantung Koi terdiri dari tiga bagian: sebuah atrium, sebuah bilik jantung yang terbungkus oleh selaput pericardium dan bulbus arteriousus.

T. Bagaimana sistem sirkulasi Koi?

J. Jantung memompa darah menuju pembuluh nadi, kemudian ke pembuluh darah yang akan membawanya ke jaringan tubuh Koi. Darah beredar ke seluruh tubuh sambil menyebarkan oksigen. Ketika darah mencapai insang, karbon
dioksida dilepaskan.

jantung ikan koiT. Bagaimana darah mendapatkan oksigen dari air
setelah melewati insang?

J. Pada saat jantung mengedarkan darah ke seluruh tubuh Koi, karbon dioksida dilepaskan dari darah ke dalam air melalui jaringan insang. Pada saat yang sama, insang akan mengambil oksigen dari air dan masuk ke dalam darah, kemudian proses akan berulang kembali. Insang ikan memiliki konstruksi yang canggih dalam menjalankan efektifitasnya.

Baca juga Organ sensor Koi

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInDigg thisShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

What Next?

Related Articles

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.